makalah tentang energi listrik dari kulit pisang

Sabtu, 19 September 2015

ENERGI LISTRIK ALTERNATIF
ENERGI LISTRIK DARI KULIT PISANG 

BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Karena banyaknya pedagang gorengan khususnya pisang molen di Tomoni yang menggunakan bahan dasar pisang. Dari bahan tersebut mereka hanya mengambil daging buahnya saja, sedangkan kulitnya dibuang begitu saja, hingga menimbulkan bau tidak sedap. Atas dasar itulah kami ingin mencari solusi dari permasalahan tersebut. 
B. RUMUSAN MASALAH
1. Zat apa saja yang terkandung dalam kulit pisang  ?
2. Apakah kulit pisang dapat diubah menjadi energi listrik? 
C. TUJUAN PENELITIAN
1. Mencari solusi dari sampah kulit pisang yang dibuang begitu saja.
2. Mencari energi alternatif dari kulit pisang.
D. MANFAAT PENELITIAN 
1. Mendaurulang limbah yang terbuang begitu saja.
2. Menciptakan energi yang ramah lingkungan.
E. HIPOTESIS 
- Kulit Pisang Dapat Diubah Menjadi Energi Listrik 

BAB II KAJIAN PUSTAKA                          
A. Tanaman Pisang
      Pohon pisang (Musa paradisiaca) merupakan tanaman yaang tidak mengenal musim, selalu berkembang setiap waktu. Pohon pisang selalu melakukan regenerasi melalui tunas-tunas yang tumbuh pada bonggolnya.Cara itulah pohon pisang mempertahankan eksitensinya untuk memberikan manfaat kepada manusia. Hampir seluruh bagian dari tanaman pisang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, mulai dari bonggol, batang, daun, buah, bunga sampai kekulit pisang. Berikut ini manfaat dari setiap bagian pohon pisang :
- Bonggol (umbi batang pisang ).
Dibeberapa daerah, bonggol batang pisang yang muda dapat dimanfaatkan untuk sayur dan keripik pisang.
- Batang
Batang pisang banyak dimanfaatkan masyarakat,terutama pada bagian yang mengandung serat.Bagian ini dimanfaatkan sebagai pembungkus untuk bibit tanaman sayur dan apabila dikeringkan dan diolah lebih lanjut dapat digunakan sebagai tali pda pengolahan tembakau, untuk kompos dan dijadikan bahan baku pembuat kertas.

- Daun
Masyarakat pedesaan memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan,biasanya membungkus kue-kue tradisional dan pembungkus nasi dan dimanfaatkan juga sebagai pakan ternak seperti kambing,sapi dan kerbau.
 - Buah
Buah pisang selain dimanfaatkan sebagai sumber vitamin dan mineral juga dapat dimanfaatkan menjadi produk olahan antara lain pisang sale, tepung pisang, sari buah, buah dalam sirup, keripik pisang dan berbagai olahan kue moderen dan tradisional. Buah pisang mengandung vitamin C, B kompleks, B6. Pisang bisa menjadi pengganti makanan pokok, sehingga mengurangi ketergantungan rakyat Indonesia terhadap beras.
- Bunga
Bunga pisang disebut juga jantung pisang, karena bentuknya seperti jantung. Biasanya dimanfaatkan untuk membuat sayur,karena kandungan protein dan vitaminnya. Selain dibuat sebagai sayur bunga pisang dapat juga dijadikan manisan dan acar.
- Kulit buah
Kulit buah ini biasanya digunakan senagai bahan pakan ternak, namun seiring berjalannya waktu limbah kulit pisang ini tidak lagi digunakan sebagai pakan ternak melainkan sebagai energi listrik yang ramah lingkungan.
      B.  Teori Dasar Sel Listrik
      Baterai merupakan sistem elektrokimia. Tiap sel baterai terdiri atas elektroda yang berbeda dipisah satu sama lain dalam cairan penghantar yang disebut elektrolit. Masing-masing elektroda memiliki sistem sendiri dan menghasilkan potensial yang beda. Perbedaan potensial di antara keduanya disebut elektromotive force.       Energi kimia yang dihasilkan dari reaksi sel merupakan sumber listrik yang disuplai baterai ketika digunakan. Zat-zat periaksi dalam sel sekunder secara lengkap dan efisen dapat dikembalikan ke keadaan asalnya dengan memberkan arus listrik dengan arah yang berlawanan, tetapi dalam sel primer hal ini tidak mungkin atau hanya sebagian saja. Hanya jenis tertentu saja dari baterai primer yang dapat diperbaharui, yaitu dengan cara menggati elektroda dan slektrolotnya.
      Ketika dua terminal sel dihubungkan dengan sirkuit luar dan kabel, arus yang mengalir proporsional dengan besarnya EMF dan berbanding terbalik dengan besarnya hambatan baterai dan sirkuit luar. Arus mengalir melewati elektrolit oleh partikel muatan yang disebut ion dan melewati bagian logam dari sirkui oleh elektron. Reaksi kimia terjadi pada permukaan elektroda di mana terjadi perubahan dari konduksi elektronik menjadi konduksi ionik dan sebaliknya.

Bab III METODE PENELITIAN
A. Subjek, tempat dan waktu penelitian
   a.) Sujek penelitian
Subjek penelitiannya adalah kulit pisang
   b.) Tempat penelitian
Tempat penelitian dilakukan dirumah serviana
   c.) Waktu penelitian
Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 februari sampai 7 maret 2014
B. Metode penelitian
Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan tujuan menguji kebenaran dari hipotesis dengan cara membandingkan sampel satu dengan sampel lainnya.
C. Rancangan penelitian
Caranya siapkan terlebih dahulu bahan dan alat:
Bahan :
Kulit pisang
Baterei bekas

Alat :
Pisau
Gergaji besi
Obeng 
Batang lidi
Jam dinding

Cara membuat :
1. Siapkan semua barang yang dibutuhkan secara lengkap
2. Potong kulit pisang kecil-kecil
3. Buka tutup baterai ( - ) menggunakan gergaji besi, hati-hati batang karbon jangan sampai patah
4. Keluarkan semua isi karbon pembatas antara positive dan negative jangan sampai robek dan rusak
5. Masukkan kulit pisang yang sudah dipotong-potong menggunakan batang lidi dan tutup kembali tutup baterai dengan rapi
6. Cek aliran listrik dengan menggunakan jam dinding 

D. Populasi Dan Sampel
1. Populasi penelitian
Jenis-jenis pisang
Pisang embun               Pisang emas                  Pisang rastali
             
Pisang kepok                Pisang awak                Pisang barangan
             
Pisang bunga                Pisang raja                   Pisang susu
             
Pisang tanduk              Pisang nangka           Pisang raja udang
             
2. Sampel penelitian
Sampel ini diperoleh dari kulit pisang kepok dan pisang susu di pasar.


BAB IV PEMBAHASAN
Dari hasil percobaan untuk mengetahui apakah kulit pisang berpotensi sebagai baterai ternyata benar, bahwa memang kulit pisang berpotensi menjadi batrai kering ramah lingkungan. Percobaan yang dilakukan oleh kami dapat membuktikan bahwa, kalau baterai kulit pisang yang kami buat dapat menghasilkan listrik. Untuk kulit pisang kepok menggunakan jam dinding menghasilkan listrik selama satu hari satu malam sedangkan kulit pisang susu menghasilkan listrik selama tujuh hari.
Baterai kulit pisang hasil percobaan kami dalam menghantarkan listrik tidak sesempurna  seperti baterai umumnya. Hal ini karena faktor yang kurang mendukung penelitian yang dilakukan oleh kelompok kami. Salah satu faktor tersebut adalah kurangnya sarana dan prasarana.
Konstruksi baterai kulit pisang sama dengan batrerai biasa. Perbedaannya hanya pada elektrolitnya. Kulit pisang mangandung beberapa mineral yang dapat berfungsi sebagai elektrolit. Mineral yang terdapat pada kulit pisang yang terbanyak adalah kalium (K+). Kulit pisang juga mengandung garam yodium yang mengandung klorida (Cl-) dalam jumlah sedikit reaksi antara kalium dan garam sodium dapat membentuk garam kalium klorida (KCl).
Menurut Drs, Asep Jamal 2008 (KCl) merupakan elektrolit kuat yang mampu terionisasi dan mampu menghantarkan arus lisrtrik. Pisang juga mengandung magnesium dan seng. Magnesium dapat bereaksi dengan klorida menjadi elektrolit kuat.
Dalam penelitian ini juga melakukan percobaan dengan baterai dengan pastanya yang telah diambil dan dibiarkan kosong sebagai kontrol, kemudian dilakukan menggunakan jam dinding, ternyata tidak menyala, ini membuktikan bahwa batrei yang tidak mempunyai pasta ( zat elektrolit ) tidak mampu manghantarkan arus listrik.

BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis ternyata:
1. Semua kulit pisang dapat menghasilkan energi listrik dalam bentuk baterai kering
2. Di dalam kulit pisang terkandung zat yang dapat menghasilkan energi listrik, yaitu kalium ( K+ ) dan klorida ( Cl- ) yang apabila digabungkan akan menghasilkan garam kalium klorida ( KCl ) yang dapat menghantarkan arus listrik
3. Hipotesis berhasil
B. Saran
Penulis ingin memberikan saran atau masukan yaitu:
1. Kepada pembaca, untuk lebih mengerti karya tulis ini dan mengembangkannya menjadi sebuah karya tulis ini dapat mengembangkan menjadi sebuah karya tulis ilmiah yang akan lebih baik nantinya
2. Kepada sekolah, agar menjadi karya tulis ini sebagai rujukan dalam pengembangan penelitian yang berkenaan masalah diatas

1 komentar:

 
Kumpulan Makalah dan Karya Ilmiah © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger