karya ilmiah tentang DAD

Sabtu, 19 September 2015

Karya ilmiah tentang DAD
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
DAD (darul arkam dasar) adalah sebuah kegiatan islami yang di adakan oleh IMM dalam rangka untuk memperbaiki dan membina mahasiswa baru, dengan berlandaskan alqur’an dan al hadiz. Kegiatan DAD ini adalah salah satu program yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru akademi kesehatan muhammadiyah.

Dalam kegiatan ini banyak hal-hal yang dilakukan ada yang berupa materi-materi dan adapun berupa pengajaran-pengajaran islam seperti gerakan sholat, cara berwudhu, tayamum, dan mandi wajib. Selain itu dalam DAD dilakukan juga tadarus al qur’an yang dilakukan setiap subuh dan maghrib.

Satu hal lagi, dalam kegiatan ini ada namanya sholat lail, sholat lail ini menurut saya semacam sholat tahajud yang biasanya dilakukan setiap malam sesudah bangun tidur. Tak lupa pula pada kegiatan DAD ini kita di ajak untuk lebih medekatkan diri kepada Allah, menjauhi semua larangannya, dan melaksanakan yang di perintahkannya.
1.2 Rumusan Masalah
Apa itu konsep diri??
Bagaimana konsep manusia dalam al qur’an??
Bagaimana cara-cara melakukan sidang dalam islam??
Apa itu kosmologi??
Apa itu tauhid??
Apa itu kemahasiswaan dan keorganisasian??
Apa itu ke IMM-an dan kemuhammadiyahan??\
Ibadah , metode pemahaman islam, filsafat, ahklak.
1.3 Tujuan
Untuk mengetahui apa itu konsep diri.
Untuk mengetahui konsep manusia dalam al qur’an.
Untuk mengetahui melakukan sidang dalam islam.
Untuk mengetahui apa itu kosmologi, tauhid, dan kemahasiswaan dan keorganisasian.
Untuk menegetahui apa itu ke IMM-an dan kemuhammadiyahan.
Untuk mengetahui apa itu ibadah, metode pemahaman islam, filsafat, ahklak.


BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Apa itu Konsep Diri
Konsep diri adalah cara mengenal diri kita sendiri dengan menggali potensi, kelemahan, cita-cita dan jika itu telah dilakukan akan muncul namanya sebuah usaha. Konsep diri ada dua, yaitu konsep diri pisitif dan konsep diri negative. Konsep diri positif berupa percaya diri dan berani sedangkan konsep diri negative berupa malu dan rasa menekan pada diri sendiri.
Ada  beberapa pertanyaan untuk mengetahui cara mengenal diri sendiri.
1. Siapa saya?
2. Darimana saya?
3. Mau kemana saya?
2.2 Konsep Manusia dalam Al’quran
Konsep manusia dalam al’quran ada tiga aspek.
1. Al basyar yaitu manusia dilihat dari sisi biologisnya, yang dalam penjelasannya terdapat. pada al’quaran surah al furqon ayat 20 dan al mudazir ayat 25.
2. Al ihsan yaitu manusia dilihat dari sisi rohaninya, yang dalam penjelasannya terdapat pada surah attin.
3. An nas yaitu manusia dilihat dari sisi social.
2.3 Cara Melakuakan Sidang dalam Islam
Komponen-komponen dalam persidangan adalah pemimpin sidang seperti ketua, wakil ketua, dan anggota kemudian peserta siding dan yang terakhir sarana. Adapun metode-metode persidangan sebagai berikut :
1. 3 kali ketuk untuk membuka sidang.
2. 1 kali ketuk untuk skorsing sidang.
3. 1 kali ketuk untuk pending sidang.
4. 1 kali ketuk untuk melakukan penyerahan sidang yang baru.
5. 3 kali ketuk untuk menutup sidang .
2.4 Kosmologi
Kosmologi menurut bahasa terdiri dari dua kata yaitu kosmos yang berarti alam semesta sedangkan logos yang berarti ilmu jadi pengertian kosmologi adalah ilmu yang mempelajari alam semesta. Berikut adalah proses terbentuknya bumi, dimulai dari ledakan besar (big bang) yang terjadi pada gumpalan meteorit besar, kemudian terjadi efek dopler sederhana yang secara langsung akan mengakibatkan terbentuknya bumi dan alam semesta. Pada awalnya bumi tidaklah elips melainkan seperti bentuk yang tidak beraturan, tetapi secara perlahan mulailah terbentuk diikuti dengan munculnya daratan dan kemudia air sehingga terbentuklah yang sekarang ini.
2.5 Tauhid
Dalam islam tauhid sangatlah penting tauhid adalah dasar atau tiang bagi agama. Bagaikan pohon tauhid adalah akar kemudian batang atau daun adalah ibadah seperti sholat, puasa, mengaji, dan yang terakhir adalah buahnya berupa ahklak. Kesimpulan dari materi ini adalah kita umat islam harus membangun pondasi yang disebut tauhid dengan kalimat lailahaillallah yang artinya tidak ada tuhan selain allah.
2.6 Kemahasiswaan dan Keorganisasian
Mahasiswa adalah seseorang yang terdaftar di perguruan tinggi negeri atau swasta yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam proses pembelajaran. Ciri-ciri mahasiswa ada dua yaitu formal dan non formal.
1. Mahasiswa formal dia mempunyai KTM, seragam, KRS, almamater, dan bukti pembayaran.
2. Mahasiswa informal berupa pemikiran yang rasional, analisa, kritis, universal, sistematis, spiritual, emosional, propesional, intelektual, harga, aspiratif, dan konspiratif.
Sifat mahasiswa ada bermacam-macam diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Hedonis yakni mahasiswa yang maunya hanya ditempat-tempat yang menyenangkan , suka memperlihatkan gayanya, biasanya selalu di mol.
2. Apatis yakni mahasiswa yang bermasa bodoh dan cuek pada dunia kampus.
3. Akademis yakni mahasiswa yang hanya mementingan masalah akademis saja.
4. Organizatonin yakni mahasiswa yang fikirannya hanya pada organisasi.
5. Pragmatis yakni mahasiswa yang ingin pandai tanpa adanya usaha.
Organisasi adalah wadah yang terdiri dari dua atau lebih orang yang mempunyai tujuan yang sama. Organisasi berfungsi untuk penyusun, perencana, dan control suatu kegiatan. Berikut adalah macam-macam organisasi.
1. Organisasi formal adalah organisasi yang mempunyai aturan formal dan anggaran dasar.
2. Organisasi non formal adalah organisasi yang tidak punya aturan formal dan anggaran dasar.
3. Organisasi in formal.
2.7 Ke IMM-an dan Kemuhammadiyahan
IMM adalah organisasi kemahasiswaan yang bergerak di tiga bidang, yakni kemahasiswaan, masyarakan, dan agama.  Sebab IMM lahir karena dua faktor yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya karena kekhawatiran muhammadiyah yang bersifat apatis dan hedonis sedangkan faktor eksternalnya karena kondisi masyarakat zaman dulu. Adapun tujuan IMM, yakni mengusahakan tebentuknya akademisi islam yang berahklak mulia dalam rangka tujuan muhammadiyah.
Kemuhammadiyahan berasal dari kata Muhammad yang berarti nabi Muhammad dan yah yang berarti pengikut. Jadi kemuhammadiyahan adalah sebuah organisasi yang berlandaskan al qur’an dan alhadiz yang mengikuti jalan nabi Muhammad. Muhammadiyah mempunyai banyak organisasi otonom seperti aisyiyah, pemuda muhammadiyah, nasyiatul aisyiyah, IMM, IPM, tapak suci, dan hizbul watan sedangkan amal usahanya berupa kampus, rumah sakit, dan panti asuhan.
2.8 Ibadah, Metode Pemahaman Islam, Filsafat, dan Ahklak
Ibadah berasal dari kata ibadatan yang artinya taat. Ibadah dibagi dua yaitu ibadah khusus dan ibadah umum, ibadah khusus adalah ibadah yang telah dijelaskan dalam al qur’an dan hadiz  seperti sholat dan puasa, sedangkan ibadah umum adalah ibadah yang tidak dijelaskan secara rinci dalam al qur’an dan al hadiz. Prinsip ibadah pada umumnya menyembah kepada Allah tanpa perantara ( al baqarah 186) dan ihklas (al bayyna 5).
Metode pemahaman islam, materi ini berintikan bagaimana kita masuk islam secara keseluruhan. Jika kita ingin masuk islam secara keseluruhan maka kita harus mengenal terlebih dahulu tuhan kita yaitu dengan cara mengenal diri kita sendiri, kemudian dilanjutkan dengan  mempelajari agama, mempelajari kitab, mempelajari tentang nabi dan rasul, dan yang terakhir adalah memahami dan mengikuti para ulama.

Tidak banyak yang bisa saya jelaskan tentang filsafat, filsafat terbagi menjadi tiga bagian, yakni:
1. Entimolegi, yakni berupa indra, akal, dan naluri.
2. Ontologi, yakni terdiri atas substansi, esensi, eksistensi.
3. Aksilogi, yakni terdiri atas, etika dan estetika.
Ahklak terdiri atas dua, yakni ahklak baik dan ahklak buruk. Berikut adalah macam-maacam ahklak:
1. Ahklak kepada Allah.
2. Ahklak kepada rasul Alllah.
3. Ahklak kepada orang tua.
4. Ahklak kepada diri sendiri.
5. Ahklak kepada warga negara masyarakat.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan dan Saran
1.Kesimpulan
Dalam mengikuti kegiatan DAD ini saya menyimpulkan bahwa semua hal-hal yang telah di ajarkan di DAD ini adalah hal yang baik, sebaiknya kita para mahasiswa baru mengikuti semua yang telah di ajarkan. Memang sangatlah tidak mudah menerapkan nilai-nilai tersebut tapi pasti lama kelamaan kita akan bisa menerapkannya.
2.Saran
Sebaiknya pelaksanaan DAD dilakukan selama dua minggu, peningkatan keamanan pada proses DAD lebih di tingkatkan.

3.2 Daftar Pustaka
Buku catatan ku sendiri

3.3 Kesan dan Pesan
Tertawa karena kelucuan teman pada saat lihat mereka lagi tertidur itulah kesan saya sedangkan pesan saya cukup satu saja, yakni tingkatkan keamanan di tempat tidur soalnya barang-barang saya banyak yang hilang, tas saya di periksa dengan orang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kumpulan Makalah dan Karya Ilmiah © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger