makalah bahaya dan manfaat listrik

Selasa, 06 Oktober 2015

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Listrik merupakan suatu muatan yang terdiri dari suatu muatan positif dan muatan negative dimana suatu benda dapat dikatakan energi listrik apabila suatu benda itu memiliki perbadaan jumlah muatan. Sedangkan muatan yang dapat dipindah adalah muatan negative dari sebuah benda, berpindahnya muatan negative ini disebabkan oleh beberapa macam gaya atau energy, misalnya energy gerak, energy panas.

Listrik mempunyai banyak manfaat, contohnya manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyalakaan tv, kulkas, lampu, mesin cuci dan masih banyak agi lainnya. Sedangkan pada bidang kesehatan listrik sangat berperan penting dalam bidang elektro medic, listriklah yang menjadi sumber tenaga.

Sedangkan bahaya listrik ada banyak salah satunya kesetrum. Kesetrum adalah suatu peristiwa dimana seseorang tersengat listrik akibat secara tidak sengaja memegang kabel telanjang.

Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya lebih lanjut.


B. Rumusan Masalah
a) Apa pengertian listrik?
b) Apa manfaat listrik?
c) Apa bahaya listrik?
d) Bagaimana listrik terbentuk?


C. Tujuan
a) Dapat mengetahui apa itu listrik.
b) Dapat mengetahuui manfaat listrik.
c) Dapat mengetahui bahaya listrik.
d) Dapat mengetahui bagaimana listrik terbentuk.


PEMBAHASAN

A. Pengertian Listrik

Listrik merupakan suatu muatan yang terdiri dari suatu muatan positif dan muatan negative dimana suatu benda dapat dikatakan energy listrik apabila suatu benda itu memiliki perbadaan jumlah muatan. Sedangkan muatan yang dapat dipindah adalah muatan negative dari sebuah benda, berpindahnya muatan negative ini disebabkan oleh beberapa macam gaya atau energy, misalnya energy gerak, energy panas.

Listrik memiliki besaran-besaran diantaranya, yaitu tegangan listrik, arus listrik, hambatan listrik,gaya gerak listri (GGL), muatan listrik, kapasitansi, induktansi, kuat medan listrik, dan fluks magnet.

a) Tegangan listrik
Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt.
b) Arus listrik
Arus listrik adalah banyaknya muuatan listrik yang disebabkan dari pergerakan electron-elektron, mengalir dalam sirkuit tiap satuan waktu.
c) Hambatan listrik
Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronika dengan arus listrik yang melewatinya.
d) Gaya gerak listrik (GGL)
Gaya gerak listrik adalah besarnyya energy listrik yang berubah menjadi energy bukan listrik atau sebaliknya.
e) Muatan listrik
Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan lisrik.
f) Kapasitansi
Kapasitansi adalah ukuuran muatan liistrik yang disimpan untuk sebuah potensial listrik yang telah ditentukan.
g) Induktansi
Induktansi adalah sifat dari rangkaian elektronika yang menyebabkan timbulnya potensial listrik secara proporsional terhadap arus yang menggalir pada rangkaian tersebut.
h) Kuat medan listrik
Kuat medan listrik adalah ruangan disekitar benda bermuatan listrik dimana benda-benda muatan listrik lainnya dalam ruang ini akan merasakan atau mengalami gaya listrik arah medan listrik.
i) Fluks magnet
Fluks magnet adalah ukuran total medan magnetic yang menembus bidang.


Sedangkan sedangkan material-material listrik meliputi :
a) Konduktor
Konduktor adalah suatu bahan yang memiliki konduktivitas yang tinggi , sehingga dapat mengalirkan arus listrik dengan baik. Adapun contoh konduktor, yakni besi, baja,dan almunium.
b) Isolator
Isolator adalah suatu bahan yang memiliki konduktivitas yang rendah, sehingga tdk dapat menghantarkan arus listri dengan baik. Adapun contoh isolator, yakni kain, karet, dan kayu.
c) Semikonduktor
Semikonduktor adalah suatu bbahan yang konduktivitasnya berada di tengah-tengah konduktor dan isolator. Adapun contoh semikonduktor silicon, germanium, dan gelium arsenida.

Berikut adalah symbol dan gambar besaran pokok dan besaran turunan :


B. Manfaat listrik

Dalam kehidupan sehari-hari manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar, dan masih banyak yang lainnya. Manusia membutuhkan energy listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik unrutuk kehidupan ini, berikut ini berbagai macam-macam manfaat yang kita rasakan :

a) Sebagai penerangan
Saat malam hari, manfaat energy listrik bisa dijadikan sumber penerangan, energy listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Dahulu kala saat energy listrik belum masuk ke desa-desa, penerangan hanya dilankukan menggunakan lampu minyak biasa. Saat ini harga minyak bumi mahal harganya, sehingga manffat minyak bumi dan minyak tanah semakin langkah dan semakin mahal.
b) Sumber energi
Energy listrik dijadikan sebagai sumber energi. Disebut sumber energi karena listrik dapat menghasilkan energi. Misalya saja adalah sumber energi untukk menghidupkan sumber peralatan rumah tangga, peralatan elekktronik, dan peralatan rumah sakit.
c) Sarana hiburan
Srana hiburan dapat menggunakan listrik, sebabnya adalah banyak alat-alat dan media hiburan yang menggunakan energi listrik. Misalnya manfaat social media dari smartphone, playstation atau game elektronik lainya yang membutuhkan listrik.
d) Penghasilkan panas
Listrik bisa dijdikan penghasil panas, manfaat energi listrik banyak digunakan  berbagai macam keperluan rumah tangga. Listrik dapat dijadikan sumber panas, karena arus listrik bisa mengalir dengan manfaat nikel atau elemen-elemen pemanas yang yang bisa menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan inilah yang digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Energi listrik yang menghasilkan panas bisa digunakan untuk kompor listrik, penanak nasi, dan bisa juga digunakan untuk menyetrika. Semua peralatan tersebut mengubah energi listrik menjadi energi panas.
e) Penghasil gerak
Energi listrik yang berada di kehidupan ini juga bisa di hasilkan sebagai penghasil gerak. Banyak kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik untuk menggerakkan sesuatu. Misalnya saja energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil,kipas angin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat menggubbah energi gerak dibutuhkan arus listrik uuntuk menggerakkan alat-alat llistrik tersebut.


C. Bahaya Listrik

Sering kali kita mendengar adanya kebakaran yang dipicu oleh listrik. Banyak orang kehilangan nyawa akibat kena sengatan listrik. Masalah utama dalam pelajaran kelistrikan adalah tidak bisa dilihat dan tidak bisa diraba, bahkan kita tidak mau merabanya.
Ada tiga bahaya yang diakibatkan oleh listrik, yaitu kesetrum, panas atau kebakaran, dan ledak. Kesetrum atau sengatan listrik akan dirasakan melalui tubuh kita, biasanya arus yang dirasakan jika arus yang mengalir lebih 5 mA. Pada arus ang kecil, aliran arus hanya akan mengakibatkan kesemutan atau kehilangan kemampuan untuk mengendalikan tangan. Pada arus yang besar, arus listrik dapat membakar kulit dan daging kita yang paling bahaya adalah jika arus tersebut mengalir keotak atau jantung.



Bahaya kedua adalah panas atau kebakaran. Panas muncul karena adanya aliran arus melalui suatu resistansi. Besarnya panas sama dengan kwadrat arus, besarnya resistansi, dan waktu. Jika kita menggunakan kabel kecil maka resistansinya besar sehingga kawat dapat mengalami pemanasan. Kawat yang panas dapat menyebabkan isolasi kabel sehingga dapat terjadi hubung singkat. Kontak dan sambungan tak sempurna juga menyebabkan timbulnya panas yang dapat membakar isolasi kabel. Menutup lampu, computer, dan kipas angin dengan bahan yang mudah terbakar juga membakar.



Bahaya ketiga adalah ledakan. Saat terjadi hubungan singkat , arus listrik yang mengair akan sangat besar. Arus yang sangat besar dapat menaikkan temperature yang cepat sehingga menyebabkan naiknya tekanan udara sangat cepat. Untuk instalaasi perumahan, bahaya ini mungkin tidak terlalu besar karena arus hubungan singkatnya tidak terlalu besar.

D. Bagaimana Listrik Terbentuk

Kita akan membicarakan bagaimana listrik terbentuk. Listrik muncul akibat adanya GGL atau gaya gerak listrik. Contoh sederhananya misalnya kumaparan kawat lalu kumparan tersebut kita dekatkan di magnet, maka akan ada arus dalam kawat tersebut. Hal itu terjadi karena kawat tersebut kelebihan electron dan electron itu meloncat pada daerah yang kekurangan electron. pada saat electron berpindah, ada energi yang di hasilkan dan energy itu yang kita pakai. Jika kita gerakkan magnet tersebut secara cepat dan berulang-ulang, hasilnya di kawat tersebut muncul yang kita sebut listrik.

Proses ini kita temui pada generator pembangkit listrik PLN. Contoh model yang paling sederhana adalah dynamo. Tetapi proses ini dibalik. Coba kamu hubungkan dynamo itu pada lampu kecil, lalu putar dynamo itu secara cepat, maka lampu itu akn nyala. Begitulah terbentuknya listrik yang kita pakai saat ini. Alat itu terdapat jjuga pada lampu sederhana model dulu. Dynamo akan diletakkan pada ban depan dan ssat ban berputar lampu akan nyala.



Begitulah prosesnya, sebenarnya tidak rumit. Kita bisa menikamti listrik selama generatornya ada pada PLN tetap berputar. Cara memutarnya itulah menjadi permasalahan. Kenanyakan PLN menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Sebenarnya lebih ramah jika kita menggunakan arus air, tenaga matahari, dan angin.


PENUTUP
A. Kesimpulan

1. Listrik adalah suatu muatan yang terdiri dari suatu muatan positif dan muatan negative dimana suatu benda dapat dikatakan energi listrik apabila suatu benda itu memiliki perbadaan jumlah muatan.
2. Banyak sekali manfaat listrik bagi kehidupan sehari-hari, seperti penerangan, sumber bunyi, sarana hiburan, sumber panas, dan sebagai penggerak suatu benda.
3. Bahaya listrik ada tiga jenis, yaitu kesetrom, kebakaran, dan ledakan karena kabel listrik.
4. Listrik terbentuk dari proses GGL ata gaya gerak listrik.

B. Saran

1. Sebaiknya jika kita tidak terlalu berpengalaman hindarilah listrik yang berarus tinggi, karena itu sangat membahayakan.
2. Jika ingin memegang kabel sebaiknya tangannya jangan basah, nanti bisa kesetrom.
3. Listrik semakin hari samakin minim, maka sebaiknya kita  harus menghemat listrik.

C. Daftar Pustaka

1. Bukudan artikel.mywapblog.com
2. Googleweblight.com
3. www. Google. Co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Kumpulan Makalah dan Karya Ilmiah © 2013 | Plantilla diseñada por Ciudad Blogger